Aplikasi Pendidikan Untuk Guru Ini Dapat Permudah Pekerjaan Seorang Guru

Aplikasi Pendidikan – Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan seseorang di masa depan, bahkan suatu negara. Ya, semakin tinggi pendidikan warganya, maka sudah dipastikan negara tersebut akan terus berkembang. Pesatnya perkembangan di dunia teknologi, menuntut sistem pendidikan untuk terus berinovasi. Salah satu caranya yakni dengan mengikuti perkembangan teknologi.

Bicara tentang pendidikan, tentu tak lepas dari perjuangan para guru / dosen dalam proses belajar mengajar. Berikut sejumlah aplikasi pendidikan Android untuk guru inovatif untuk dapat meningkatkan & mempermudah proses belajar mengajar.

aplikasi pendidikan

Aplikasi Pendidikan Android Untuk Guru

1. ClassDojo

Orang tua tentu wajib menyekolahkan anak-anaknya, namun mereka mungkin tidak mengetahui apa yang terjadi di kelas dan apa yang dipelajari oleh anak-anaknya. Solusi dari masalah tersebut disediakan oleh aplikasi ClassDojo yakni sebuah platform teknologi untuk ruang kelas. Di mana memungkinkan guru, orang tua, dan siswa terhubung satu sama lain & berkomunikasi.

2. Edmodo

Zaman sekarang mungkin hampir sebagian besar siswa memiliki smartphone. Sekolah mungkin tidak harus membatasi siswa untuk menggunakan smartphone mereka. Sebaliknya, sekolah & para guru dapat memanfaatkannya untuk menunjang pembelajaran yakni dengan aplikasi edmodo. Aplikasi ini tak hanya dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa saja, namun juga orang tua.

Siswa dapat mengerjakan tugas atau PR dengan menggunakan smartphone. Siswa juga dapat langsung mengetahui berapa nilai mereka. Kunci jawaban yang benar juga dapat diakses di aplikasi tersebut sebagai bahan koreksi siswa, yang tentunya atas seizin guru. Kemudian orang tua dapat mengetahui rekapan nilai anaknya melalui aplikasi itu.

Baca Juga : APLIKASI TERBAIK IPHONE 6 UNTUK BELAJAR BAHASA INGGRIS

3. Schoolmedia

Selain ClassDojo dan Edmodo, aplikasi Android untuk para guru selanjutnya adalah Schoolmedia. Aplikasi pendidikan ini memberikan kemudahan pada siswa dalam mengecek nilai akademik, data orangtua siswa, histori pembayaran dan lainnya.

Dengan Schoolmedia, siswa akan mendapatkan transparansi nilai akademik, baik dari nilai tugas, nilai UTS/UAS dan lainnya. Histori pembayaran juga sudah disediakan oleh School Media untuk mendapatkan daftar transaksi yang sudah dilakukan dan informasi lainnya yang berhubungan dengan akademik kepada orang tua.

Selain itu, siswa akan mendapatkan daftar kehadiran dari tiap mata pelajaran tiap semester. Selain memudahkan siswa, aplikasi ini juga sangat meringankan kerja guru.

4. Google Classroom

Google memang memiliki banyak aplikasi untuk berbagai keperluan. Mulai dari hiburan, bisnis, sampai pendidikan. Untuk keperluan pendidikan, Google Classroom merupakan aplikasi andalan untuk para guru. Google Classroom terintegrasi dengan Google Calendar. Melalui fitur ini, secara otomatis Google membuat sebuah kalender untuk setiap kelas di setiap hari guru mengajar.

Guru juga dapat menggunakan kembali posting tugas mereka di kelas dengan tombol ‘Reuse post’. Cukup menekan tombol itu, lalu pilih kelas di mana posting tersebut dipublikasikan, lalu edit sesuai keperluan, seperti menambah pertanyaan. Dengan begitu, guru dapat memilih materi dari kelas lain yang mereka ajar untuk disampaikan kembali di kelas yang berbeda.

5. Ruangguru

Ruangguru menyediakan tiga aplikasi yakni untuk pelajar, guru, dan juga orang tua. Lewat aplikasi Ruangguru ini, kamu dapat mengakses ribuan latihan soal lengkap (sesuai topik belajar SD, SMP, dan SMA) dan pembahasannya. Serta menonton 1528 video belajar persiapan UN dan SBMPTN (konsep dan pembahasan soal).

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS KLIK DISINI

ADD YOUR COMMENT