Aplikasi Perpustakaan Sekolah dan Perpustakaan Umum Terbaik

Aplikasi Perpustakaan merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk memudahkan proses manajemen perpustakaan. Dengan bantuan program perpustakaan/aplikasi perpustakaan/software aplikasi perpustakaan penyelenggaraan manajemen perpustakaan dapat direalisasikan dengan mudah.

>>> DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI <<<

Apa Saja Yang Dapat Dilakukan Oleh Aplikasi Perpustakaan Ini?

aplikasi perpustakaan

Software Perpustakaan memiliki beberapa fitur diantaranya :

  1. Software Perpustakaan mampu melakukan manajemen koleksi buku, eBook, dan multimedia;
  2. Software Perpustakaan mampu melakukan pengelompokan koleksi pustaka berdasarkan kategori;
  3. Software Perpustakaan mampu melakukan manajemen data anggota;
  4. Software Perpustakaan mampu melakukan cetak kartu anggota;
  5. Manajemen peminjaman dan pengembalian koleksi, termasuk perhitungan denda;
  6. Penerbitan surat bebas perpustakaan;
  7. Pencarian koleksi berdasarkan multi kategori;
  8. Software Perpustakaan mampu melakukan manajemen absensi data pengunjung;
  9. Software Perpustakaan dilengkapi sistem pelaporan statistik pengunjung, peminjaman, dan data inventaris, dll

Fitur Aplikasi Perpustakaan

aplikasi perpustakaan

  • Data Anggota – Untuk mengelola para anggota perpustakaan, anda bisa memasukkan anggota baru atau menon akitfkan anggota
  • Jenis Anggota – anda bisa membuat kategori anggota disini, misal anda adalah pengelola perpustakaan sekolah yang anggotanya terdiri dari siswa  dan guru, anda bisa membedakan batas maximal peminjama buku antara guru dan siswa.
  • Mutasi Anggota – anda bisa memindahkan jenis keanggotaan perpustakaan anda tanpa repot-repot mengahpus data anggotanya dulu dan memasukkan data anggota baru kedalam ketgori yang baru.
  • Anggota Non Aktif – anda bisa memproses anggota yang sudah tidak aktif diperpustakaan anda.
  • Data Buku – ini adalah fitur yang sangat wajib yang harus ada karena inti dari perpustakaan adalah buku, anda bisa mencari data buku dengan mudah dengan memasukkan data buku sesuai dengan lokasi dan kategori buku anda juga bisa menambahkan foto Cover buku.
  • Kode DCC – bagi anda pengelola perpustakaan pasti tidak asing dengan kata itu, mungkin bagi anda yang sudah hafal kode DDC anda bisa memasukkan kodenya dengan mudah, namun bagi anda yang tidak hafal kami menyertakan kamus DDC pada paket pembelian Software Perpustakaan ini.
  • Peminjaman Buku – Sekarang semuanya bisa lebih mudah dan cepat dengan Software Perpustakaan General Library, hanya kli-klik saja transaksi peminjaman buku bisa dilakukan dalam hitungan detik.
  • Pengembalian Buku – sama halnya dengan transaksi peminjaman buku, pengembalian buku juga bisa dilakukan dengan mudah, tidak prlu mencari-cari data pada buku yang sangat tebal seperti cara tradisional yang semlama ini dipraktekan.

Baca Juga : KLASIFIKASI BUKU PERPUSTAKAAN MUDAH DENGAN SOFTWARE DDC PERPUSTAKAAN

  • Denda – Ya, kami menambahkan fitur denda pada Aplikasi Perpustakaan General Library supaya para anggota bisa tertib dalam meminjam buku, jadi apabila ada anggota yang terlambat mengembalikan buku otomatis dia akan dikenakan denda, besar denda bisa anda setting sendiri di software perpustakaan ini.
  • Buku Hilang – Anda bisa memproses buku hilang, sehingga buku tidak bisa dipinjam oleh anggota perpustakaan anda.
  • Laporan Data Anggota – anda bisa melihat atau bahkan mencetak data anggota yang ada diperpustakaan anda
  • Laporan Data Buku – Semua data buku yang sudah anda masukkan, bisa anda cetak dengan mudah jika anda menggunakan Software Perpustakaan General Library ini
  • Laporan Daftar Peminjam – Semua daftar peminjam buku diperpustakaan anda telah disimpan dengan baik oleh Software perpustakaan ini, anda bisa melihatnya kapanpun atau bahkan mau mencatak daftar itu sekarang, semua anda bisa lakukan sekarang.
  • Laporan Daftar Tunggakan – anda bisa melihat siapa saja yang sudah melewati batas maksilam peminjaman buku ke perpustakaan anda, bisa anda cetak untuk memberi tahu mereka supaya cepat mengemablikan buku yang dipinjam.
  • Laporan Buku Belum Kembali – disini berbeda dengan laporan tunggakan, pada menu ini anda bisa melihat siapa saja anggota yang belum mengembalikan buku NAMUN masih belum melewati batas waktu yang ditentukan.
  • Laporan Buku Hilang – Semua data buku hilang bisa anda lihat dimenu ini, anda juga bisa mencetaknya sebagai arsip.
  • Laporan Anggota Non Aktif – anda bisa melihat siapa saja anggota yang sudah tidak aktif.
  • Laporan Pembayaran Denda – Anda bisa melihat dan mencetak Semua Denda yang masuk diperpustakaan anda, sehingga perpustakaan akan lebih transparan dan bisa dipercaya
  • Periode –  anda bisa memasukkan data periode perpustakaan di menu ini.
  • Membatasi Hak Akses – disini anda bisa membuat user dan anda bisa membatasi hak akses tiap user, misal anda adalah kepala perpustakaan dan anda mempunyai petugas yang tugasnya hanya melayani transaksi peminjaman dan pengembalian buku tanpa bisa melihat berbagai laporan yang ada. Semua itu bisa anda setting disini.
  • Bisa Cetak Kartu Anggota – Para anggota perpustakaan Wajib memiliki kartu anggota sebagai tanda bahwa mereka adalah anggota dari perpustakaan yang anda kelola.

ADD YOUR COMMENT