Pentingnya Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar

Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar – Artikel ini akan membahas informasi mengenai bimbingan konseling di sekolah dasar kepada setiap pembaca, khususnya guru SD bahwa bimbingan konseling di sekolah dasar memiliki peran penting dalam membina anak didik dalam hal kepribadian dan kehidupan sosialnya di sekolah.

Hal ini dikarenakan keadaan pribadi & sosial anak didik berperan penting dalam kualitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penyusunan artikel ini dilatarbelakangi oleh semakin banyaknya problematika yang dialami oleh siswa di Sekolah Dasar dan kurangnya perhatian dari guru sebagai konselor di sekolah dalam mengarahkan anak didiknya.

Kurangnya peranan guru dalam membimbing kepribadian dan sosial anak didik akan menimbulkan beberapa hal seperti ; ketidakmampuan anak didik dalam menerima kekurangannya, ketidakmampuan anak didik berinteraksi dengan anak didik yang lain, menurunnya prestasinya di sekolah, anak didik sulit dalam menemukan potensi yang ada pada dirinya, dll.

Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar

BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR

 

Bimbingan pribadi dan sosial berarti bimbingan dalam menghadapi keadaan batinnya sendiri dan mengatasi berbagai perlawanan dalam batinya sendiri, dalam mengatur dirinya sendiri dibidang kerohanian, perawatan jasmani, pengisian waktu, dan bimbingan dalam membina hubungan kemanusiaan dengan sesama di berbagai lingkungan ( pergaulan sosial).

Kepribadian dan sosial anak didik merupakan salah satu indikator kemandirian peserta didik. Kepribadian yang baik dan dan sosial yang ramah menjadi tolok ukur penilaian masyarakat terhadap hasil pendidikan selainprestasi akademik.

Baca Juga : SOFTWARE PEMBUAT JADWAL PELAJARAN SEKOLAH SD SAMPAI SMA

Namun kunyataannya pada era yang serba modern saat ini banyak terjadi problematika dalam  perkembangan kepribadian dan sosial yang terjadi pada siswa SD. Problematika yang terjadi pada siswa SD ini timbul karena adanya beberapa hal seperti : perkembangan teknologi yang semakin merajalela, kurangnya pengawasan dari orang tua, adanya pergaulan yang tidak sehat, kurangnya pengendalian terhadap nafsu anak, serta kurangnya peran guru disekolah dalam memantau perkembangan kepribadian anak didiknya. Hal ini menyebabkan banyak pengaruh negatif terhadap perkembangan kepribadian dan sosial siswa SD.

Kondisi tersebut menunjukkan betapa pentingnya peran guru dalam menjalankan kegiatan bimbingan konseling di sekolah dasar sebagai upaya untuk melakukan bimbingan terhadap pribadi dan sosial siswa agar lebih terintegrasi dalam proses pembelajaran.

Langkah-langkah Guru dalam Melakukan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar

BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR

Bimbingan dan konseling pribadi sosial di sekolah dasar merupakan bimbingan yang dilakukan oleh guru selaku koselor untuk membatu anak didiknya dalam menghadapi dirinya sendiri dan lingkungannya. Dengan bimbingan konseling ini, guru diharapkan mampu untuk memahami anak didiknya dengan lebih mendalam. Berikut adalah langkah – langkah guru dalam melakukan bimbingan:

  1. Observasi
  2. Mendengarkan Aktif
  3. Membantu Anak-anak Menceritakan Kisah Mereka Dan Berhubungan dengan Kehidupan Pribadi Mereka
  4. Menghadapi Konsep Diri dan Keyakinan Yang Merusak
  5. Memfasilitasi Perubahan Secara Aktif
  6. Mengakhiri Konseling

Bimbingan dan konseling pribadi – sosial ini bertujuan agar anak didik mampu memahami dirinya sendiri termasuk kelebihan dan kekurangannya, menambah ketaqwaannya, serta menambah kemampuan anak didik untuk memahami dan menempatkan dirinya dalam lingkungan sosialnya yang baru.

Baca Juga : Software Bimbingan Konseling

Software Bimbingan Konseling

Dijaman yang serba modern ini, sudah saatnya pengelolaan bimbingan konseling sekolah menggunakan Aplikasi BK. Aplikasi BK membuat pengelolaan data menjadi lebih cepat dan aman, sehingga proses konseling dapat dilakukan dengan lancar. Umumnya Software Bimbingan Konseling sudah mencakup ; data pribadi siswa, masalah siswa, kunjungan rumah, intelegensi, ketidakhadiran, undangan, konsultasi, dll.

>>> Download Software Bimbingan Konseling Gratis, Klik Disini <<<

ADD YOUR COMMENT