Inilah Strategi Bisnis Clothing Line yang Harus Anda Terapkan Jika Ingin Sukses

Bisnis clothing line – Bisnis & industri fashion di Indonesia saat ini memang dapat dikatakan sangat berkembang pesat. Dari pertumbuhan  yang menggairahkan ini tak ayal bila kemudian muncul beberapa bisnis atau usaha fashion dengan konsep-konsep yang menarik. Salah satu konsep bisnis fashion yang cukup menarik untuk dibahas disini adalah clothing line yang muncul dan menjadi tren sejak tahun 2000-an.

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS

Clothing Line sendiri adalah bisnis jualan pakaian oleh kaum-kaum remaja dengan brand-brand karya mereka sendiri yang dipasarkan lewat distro-distro atau melalui social media (online). Sebut saja beberapa brand semacam Woles, Dreambirds Artwear, Sunday Sunday, Peter Say Denim dan Crooz. Bagi Anda yang juga tertarik dengan dunia bisnis clothing line ini maka Anda harus dapat menerapkan strategi bisnis clothing line yang menarik agar tidak kalah saing.

bisnis clothing line

Strategi Jitu Kembangkan Bisnis Clothing Line Anda

1. Lakukan Riset

Sebelum memulai bisnis, riset adalah yang terpenting. Rumuskan dahulu tentang target pasar hingga cara pemasaran produk anda.

Menjalani bisnis tentu bukanlah ajang coba-coba yang dapat dilakukan tanpa melakukan perencanaan. Maka dari itu, wajib hukumnya kamu melakukan riset terlebih dahulu untuk merancang strategi bisnis yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu tersebut. Langkah pertama untuk usaha clothing line-mu dapat dimulai dengan mencari tahu siapa target market-mu. Dengan mengetahui target, kamu pun dapat menentukan seperti apa produk yang akan menarik perhatian calon konsumenmu.

Selanjutnya, riset juga akan berguna untuk menyusun strategi promosi produk kepada mereka. Contohnya apabila clothing line-mu secara khusus menyasar mereka yang gemar traveling, tentu cara pemasaran melalui komunitas traveler akan lebih tepat. Terakhir, riset pun akan sangat membantu menganalisis siapa pesaingmu.

2. Buat desain baju yang unik & berbeda dari yang lain

Dibandingkan dengan membeli baju di mall / butik, biasanya konsumen akan memilih clothing line karena desain baju yang dimiliki tidak pasaran. Keunikan sebuah desain baju memang jadi modal utama jika kamu ingin bisnis fashionmu dilirik oleh para anak muda. Karenanya, berusahalah untuk menemukan corak atau desain baju yang sesuai dengan target pasarmu tersebut.

3. Gunakan jasa endroser artis/selebgram dengan followes melejit

Menggunakan artis sebagai brand ambassador produk adalah hal yang lumrah untuk dilakukan. Pasalnya dengan memanfaatkan popularitas yang dimiliki oleh seorang artis, akan lebih mudah memperkenalkan produk yang dimiliki. Tetapi apabila memang clothing line-mu tersebut masih dalam skala kecil yang belum sanggup untuk membayar jasa artis, kamu juga bisa menggunakan strategi endorse yang sekarang banyak dilakukan.

Baca Juga : 6 Langkah Memulai Usaha Modal Kecil

4. Jika modal pas-pasan, gunakan sistem pre order

Tidak memiliki modal besar biasanya menjadi masalah yang banyak dihadapi oleh pengusaha di awal bisnisnya. Untuk jenis usaha clothing line, keterbatasannya terletak pada kemampuan pebisnis untuk menyediakan pakaian ready stock. Nah untuk mengakali keadaan ini cobalah melakukan sistem pre order. Dengan sistem pre order kamu tidak perlu menyediakan baju yang siap pakai. Kamu hanya perlu mencetak baju sesuai dengan pesanan orang saja. Untuk modal mencetak, biasanya seorang pembeli akan membayar 50% dari harga baju.

5. Manfaatkan garasi/paviliun rumah 

Apabila terkendala dengan biaya sewa ruko, kamu dapat memanfaatkan garasi / paviliun rumah untuk dijadikan toko sementara sampai modalmu cukup untuk menyewa sebuah toko sendiri. Di sana kamu bisa menjajakan barang jualanmu agar banyak orang mengetahui kalau kamu punya usaha clothing line yang oke.

6. Titipkan produk usahamu pada teman-temanmu

Apabila kamu memiliki teman / kenalan yang memiliki distro atau toko baju, ajak dia bekerja sama dengan cara menitipkan produkmu tersebut di toko mereka. Sebagai timbal baliknya, kamu dapat membagi keuntungan dari hasil penjualan agar mereka pun merasa diuntungkan dengan baju titipan tersebut. Hal ini juga membantumu memasarkan produkmu apabila kamu memiliki sedikit relasi.

7. Manfaatkan peluang, perhatikan apa yang sedang menjadi tren

Sebagai seorang pebisnis yang cerdas, kamu pun harus peka terhadap situasi sekitar yang dapat kamu jadikan ide untuk desain bajumu. Misalnya saja ketika masa piala dunia datang, terdapat berbagai quote lucu yang sedang happening, / hal lainnya yang sedang banyak dibicarakan orang dapat kamu tuangkan ke dalam bentuk desain baju untuk “edisi khusus”

Baca Juga : Aplikasi Kasir dan Toko Versi Android

ADD YOUR COMMENT