Cara Mengelola Perpustakaan Sekolah Yang Baik

Cara mengelola perpustakaan – Perpustakaan Sekolah merupakan perpustakaan yang berada pada lembaga pendidikan sekolah, yang merupakan bagian integral dari sekolah yang bersangkutan dan merupakan sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan (Perpusnas, 2001).

Perpustakaan sekolah pada saat ini bukan hanya merupakan sarana yang menyediakan bacaan guna menambah pengetahuan dan wawasan bagi siswa, tapi juga merupakan bagian yang integral dalam proses pembelajaran. Dengan demikian penyelenggaraan perpustakaan sekolah harus sejalan dengan visi dan misi sekolah dengan mengadakan bahan bacaan bermutu yang sesuai kurikulum, menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan bidang studi, dan kegiatan penunjang lainnya.

Cara Mengelola Perpustakaan

cara mengelola perpustakaan

Kegiatan pengolahan pustaka dirinci lebih lanjut sebagai berikut :

1. Pengatalogan deskriptif 
Kegiatan pengatalogan deskriptif adalah menentukan tajuk entri utama dan tajuk entri tambahan. Kegiatan ini didasarkan pada Peraturan Katalogisasi Indonesia edisi 4 (Perpusatakaan Nasional, 1994) yang bersumber pada peraturan pengkatalogan standar internasional yaitu : “The Anglo American Cataloguing Rules”, (AACR).
2. Penentuan nomor Klasifikasi 
Penentuan nomor klasifikasi diawali dengan kegiatan analisis subjek bahan pustaka. Hasil analisis subjek tersebut digunakan untuk menentukan nomor klasifikasi bahan pustaka dengan menggunakan sarana bantu antara lain “Dewey Decimal Classification“.
3. Penentuan tajuk subjek 
Disamping untuk menentukan nomor klasifikasi, hasil analisis subjek bahan pustaka juga digunakan sebagai dasar dalam penentuan tajuk subjek bahan pusataka dengan memanfaatkkan sarana bantu “Daftar Tajuk Subjek untuk Perpustakaan”, edisi 4. (Perpustakaan Nasional,1994).
4. Pembuatan kartu katalog yang kemudian digandakan sesuai kebutuhan (pengarang, judul, subjek dan jejakan lain) serta shelf list dan dijajarkan pada laci-laci catalog dengan menggunakan system penjajaran yang telah ditentukan. Perpustakaan yang telah menggunakan sarana bantu computer dalam pengolahan bahan pustaka, secara berkala dianjurkan melakukan “backup” data.
5. Pembuatan kelengkapan fisik bahan pustaka seperti label, kartu buku, lembar tanggal kembali dan kantong buku.

Cara Mengelola Perpustakaan – Pengaturan Koleksi 

1. Pengaturan buku 
Buku diatur menurut urutan subjek dan ditempatkan pada rak buku yang tersedia. Buku yang berukuran lebih tinggi atau lebar (oversize book) ditempatkan terpisah dari buku yang berukuran biasa. Selain itu pengaturan buku disesuaikan dengan kegunaan masing-masing buku tersebut, misalnya buku-buku rujukan tidak disatukan dengan buku-buku bacaan lainnya.
2. Pengaturan bahan bukan buku 
Bahan pustaka bukan buku misalnya peta, bahan audio visual, disket, CD dan lain-laim ditempatkan di pada tempat khusus sesuai dengan jenis bahan tersebut.
3. Pengaturan majalah 
Majalah lepas di simpan dalam kotak dan ditempatkan pada rak berdasarkan urutan abjad judul majalah. Majalah yang dianggap penting, setelah lengkap terkumpul dikirimkan ke bagian penjilidan. Penyusunan majalah yang sudah dijilid di dalam rak juga berdasarkan urutan abjad judul majalah atau nomor klasifikasi.
4. Pengaturan surat kabar 
Surat kabar baru disusun pada alat penjepit surat kabar. Setelah terkumpul lengkap selama satu minggu, surat kabar dikeluarkan dari alat penjepit untuk menunggu pengolahan selanjutnya, misalnya menjadi koleksi guntingan surat kabar atau untuk penyusunan indeks artikel surat kabar.

>>> DOWNLOAD SOFTWARE PERPUSTAKAAN GRATIS, KLIK DISINI <<< 

ADD YOUR COMMENT