Wajib Tahu, Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli

Definisi Pendidikan – Pada kesempatan ini kami akan mengulas mengenai Beberapa Definisi Pendidikan Menurut Para Ahli. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan, di mana pendidikan dapat menyongsong kehidupan yang cerah di masa depan, baik bagi diri sendiri, sosial, lingkungan, agama, nusa, dan juga bangsa. Tanpa adanya pendidikan, kualitas diri sendiri juga akan sangat rendah, yang juga akan berpengaruh pada kualitas berbangsa dan bernegara.

Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi semua individu. Hampir seluruh individu/personal pernah merasakan pendidikan dari dulu hingga saat ini. Kata pendidikan ini memang sudah tidak asing lagi didengar ditelinga kita, karena kita semua pernah menempuh pendidikan agar tercapainya sebuah cita-cita & keinginan. Berikut akan dijelaskan pengertian dan definisi dari pendidikan itu sendiri serta tujuan dari pendidikan.

Didalam kehidupan pendidikan merupakan faktor utama yang menentukan kualitas setiap individu dalam berinteraksi maupun bersosialisasi. Pentingnya pendidikan juga terasa saat kita sedang diantara sekian banyak orang yang memiliki intelek yang luar biasa namun kita hanya memiliki kemampuan intelek atau pengetahuan di bawah rata-rata.

Dengan menyadari pentingnya pendidikan akan lebih mendorong tiap individu untuk lebih memperhatikan proses pendidikan yang sedang ditempuhnya. Pada umumnya pendidikan merupakan usaha sadar terencara untuk melakukan kegiatan belajar yang dilakukan tiap-tiap individu untuk mengembangkan potensinya.

Dengan adanya pengertian dari pendidikan tersebut, mendorong para ahli memaparkannya dengan hal yang sama namun tak serupa. Akan tetapi pendapat yang diutarakan oleh para ahli tersebut masih memiliki pembahasan serta konteks yang sama.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional 2002 mendefinisikan pendidikan sebagai :

Suatu proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik.

Definisi Pendidikan

definisi pendidikan menurut para ahli

Dalam bahasa Inggris, definisi pendidikan berasal dari kata education. Sedangkan dalam bahasa latin, pendidikan berasal dari kata educatum, di mana kata ini tergabung atas kata 2 kata yaitu E dan DucoE artinya adalah perkembangan dari luar ke dalam, perkembangan dari sedikit menuju banyak, sedangkan Duco artinya adalah sedang berkembang. Dari sinilah, pendidikan dapat juga disebut sebagai upaya untuk mengembangkan kemampuan diri.

Secara umum, definisi pendidikan diartikan sebagai sebuah usaha sadar, real, serta direncanakan dalam sebuah proses belajar mengajar untuk mewujudkan kualitas diri peserta didik yang secara aktif mampu mengembangkan potensi di dalam diri agar mereka mempunyai pondasi kuat dalam beragama, berkepribadian baik, cerdas, memiliki pengendalian diri, memiliki pemikiran yang kritis & dinamis, bertanggung jawab, serta memiliki keterampilan aktif yang diperlukan, baik bagi dirinya sendiri maupun masyarakat.

Beberapa Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli :

definisi pendidikan menurut para ahli

M.J. Langeveld (1995) :

Pendidikan merupakan upaya manusia dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan.

Pendidikan meruapakan usaha menolong anak untuk melaksanakan tugas-tugas hidupnya, agar bisa mandiri, akil-baliq, dan bertanggung jawab secara susila. Pendidikan adalah usaha mencapai penentuan-diri-susila dan tanggung jawab.

Stella van Petten Henderson :

Pendidikan merupakan kombinasai dari pertumbuhan dan perkembangan insani dengan warisan sosial. Kohnstamm dan Gunning (1995) : Pendidikan adalah pembentukan hati nurani. Pendidikan adalah proses pembentukan diri dan penetuan-diri secara etis, sesuai denga hati nurani.

Baca Juga : INILAH CARA BELAJAR EFEKTIF DAN MUDAH DISERAP OTAK

John Dewey (1978) :

Aducation is all one with growing; it has no end beyond itself. (pendidikan adalah segala sesuatu bersamaan dengan pertumbuhan; pendidikan sendiri tidak punya tujuan akhir di balik dirinya).

H.H Horne :

Dalam pengertian luas, pendidikan merupakan perangkat dengan mana kelompok sosial melanjutkan keberadaannya memperbaharui diri sendiri, dan mempertahankan ideal-idealnya.

Encyclopedia Americana (1978) :

Pendidikan merupakan sebarang proses yang dipakai individu untuk memperoleh pengetahuan atau wawasan, atau mengembangkan sikap-sikap ataupun keterampilan-keterampilan. Pendidikan adalah segala perbuatan yang etis, kreatif, sistematis dan intensional dibantu oleh metode dan teknik ilmiah, diarahkan pada pencapaian tujuan pendidikan tertentu.

Dari berbagai definisi pendidikan menurut para ahli tersebut di atas dapat kita kita simpulkan bahwa pendidikan merupakan gejala insani yang fundamental dalam kehidupan manusia untuk mengantarkan anak manusia ke dunia peradaban. Pendidikan juga merupakan bimbingan eksistensial manusiawi dan bimbingan otentik, agar anak belajar mengenali jati dirinya yang unik, bisa bertahan hidup, serta mampu memiliki, melanjutkan-mengembangkan warisan-warisan sosial generasi yang terdahulu.

>>> DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI <<<

Tujuan Pendidikan

definisi pendidikan menurut para ahli

  • TUJUAN PENDIDIKAN MENURUT UNDANG-UNDANG (KEMDIKNAS)

“Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”

  • TUJUAN PENDIDIKAN MENURUT UNDANG-UNDANG (VERSI AMANDEMEN) :

Pasal 31, ayat 3 menyebutkan, “Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang.”
Pasal 31, ayat 5 menyebutkan, “Pemerintah memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia.”

  • Tujuan Pendidikan Menurut Unesco

Dalam upaya meningkatkan kualitas suatu bangsa, tidak ada cara lain kecuali melalui peningkatan mutu pendidikan. Berangkat dari pemikiran itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui lembaga UNESCO (United Nations, Educational, Scientific and Cultural Organization) mencanangkan empat pilar pendidikan baik untuk masa sekarang maupun masa depan, yakni: (1) learning to Know, (2) learning to do (3) learning to be, dan (4) learning to live together. Dimana keempat pilar pendidikan tersebut menggabungkan tujuan-tujuan IQ, EQ dan SQ.

  • Berdasarkan UU No. 2 Tahun 1985

Yang berbunyi bahwa tujuan pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsadan mengembangkan manusia yang seutuhnya yaitu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan bangsa.

  • Berdasarkan MPRS No. 2 Tahun 1960

Bahwa tujuan pendidikan adalah membentuk pancasilais sejati berdasarkan ketentuan-ketentuan yang dikehendaki oleh pembukaan UUD 1945 dan isi UUD 945.

Itulah ulasan kami mengenai pendidikan. Pendidikan merupakan kewajiban yang harus kita kenyam semenjak dari lahir. Karena dari pendidikan itulah kita akan tahu banyak tentang wawasan di dunia dalam kehidupan ini. Melalui pendidikan, banyak hal yang dapat kita pelajari dan terapkan dalam kehidupan ini. Tidak hanya ilmu pengetahuan, namun juga karakter, dsb. Dari berbagai definisi pendidikan diatas dapat disimpulkan bahwa pendidikan merupakan bimbingan atau pertolongan yang diberikan oleh orang dewasa kepada perkembangan anak untuk mencapai kedewasaannya dengan tujuan agar anak cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri tidak dengan bantuan orang lain. Semoga informasi mengenai definisi pendidikan diatas dapat berguna bagi kita semua.

ADD YOUR COMMENT