Fungsi Buku Induk Siswa

Fungsi Buku Induk Siswa – Buku induk siswa merupakan kumpulan daftar nama siswa sepanjang masa dari sekolah tersebut. Data murid perlu dicatat dalam buku besar yang biasa disebut buku induk siswaatau buku pokok. Catatan dalam buku induk siswa harus lengkap meliputi data dan identitas siswa, dalam hal ini sebagian data dapat diambil dari formulir pendaftaran

Buku Induk Siswa

fungsi buku induk siswa

Disamping identitas siswa, dalam buku induk siswa juga berisi nomor induk siswa, nomor induk siswa nasional, nomor kode sekolah, keterangan orangtua/wali siswa, dan prestasi belajar siswa (daftar nilai raport) dari tahun ke tahun selama siswa tersebut belajar di sekolah. Catatan dalam buku induk harus jelas, dan ini merupakan tanggung jawab Kepala Sekolah yang penggarapannya bisa diserahkan kepada pegawai sekolah.

Baca juga : MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH

Fungsi Buku Induk Siswa

Setiap buku induk siswa harus diisi dengan selengkap dan sejelas mungkin. Pasalnya, kelengkapan data ini sangat penting dalam berbagai kasus tertentu, seperti:

  • menentukan siswa yang berhak memperoleh dana bantuan;
  • mengetahui perkembangan jumlah siswa dari tahun ke tahun;
  • memahami kondisi siswa terutama bagi yang memiliki masalah baik akademik maupun nonakademik;
  • memenuhi keterangan pihak tertentu seperti kepolisian sebagai pemenuhan keterangan untuk kejadian tertentu;
  • dan lain-lain.

Baca Juga : SOFTWARE AKUNTANSI YAYASAN PENDIDIKAN

Software Buku Induk Siswa

Kita tentu tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Karena itu, jangan pernah menganggap remeh dengan mengabaikan beberapa hal yang perlu menjadi isian dalam pendataan siswa di dalam buku induk.

Dengan menggunakan software buku induk siswa, maka sistem administrasi yang ada di sekolah juga semakin tertata rapi dan mempermudah petugas dalam pengarsipan. Tentu hal ini menjadi sangat penting mengingat pendidikan merupakan aspek penting yang tidak bisa kita sepelekan begitu saja.

Semoga dengan informasi mengenai buku induk siswa dan pegawai akan memberikan wawasan bagi anda mengenai aplikasi buku induk yang ada di lembaga pendidikan.

Dengan adanya Software Buku Induk Siswa dan Guru ini diharapkan Setiap sekolah memiliki database baik siswa maupun guru dengan sistem komputerisasi. Mengingat saat ini sekolah-sekolah dituntut untuk bisa lebih maju dan bersaing dengan sekolah-sekolah yang lain.

>>> Download Software Buku Induk Siswa Gratis, Klik Disini !!! <<<

ADD YOUR COMMENT