Pengertian Koperasi Siswa (Kopsis) Tujuan, Modal, Keanggotaan, Kepengurusan, dll.

Koperasi siswa adalah koperasi yang berada dalam lingkungan sekolah yang anggotanya merupakan siswa dari sekolah tersebut yang dapat melakukan kegiatan ekonomi tanpa badan hukum. Struktur organisasi kopsis yaitu tersusun atas dewan penasihat dan alat perlengkapan organisasi. Dewan penasihat terdiri atas kepala sekolah, guru & perwakilan orang tua siswa. Sedangkan alat perlengkapan organisasi terdiri dari rapat anggota, pengurus koperasi & badan pemeriksa / pengawas.

>>> DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI KOPERASI <<<

Tujuan Koperasi Siswa / Kopsis

koperasi siswa

Koprasi siswa didirikan di sekolah untuk beberapa alasan :

1. Memberi bekal kepada siswa sekolah secara langsung dengan praktek berkoperasi dalam rangka pemenuhan berbagai barang kebutuhan sekolah.
2. Supaya para siswa tumbuh jiwa setia kawan, saling menghargai, kesamaan derajat serta gotong royong antar sesamanya, di samping menumbuhkan rasa cinta sekolah.
3. Menumbuhkan serta mengasah demokrasi, kreatifitas, kemampuan, pengetahuan dsb.

Baca Juga : SOFTWARE KOPERASI SEKOLAH

Fungsi Koperasi Sekolah

a) Merupakan alat pendidikan dan pengetahuan di bidang ekonomi dengan berasas gotong royong.
b) merupakan alat untuk mengusahakan kebutuhan sekolah bagi para siwa.
c) sebagai tempat kegiatan menabung di sekolah

Organisasi Koperasi Sekolah

a) Rapat anggota
b) Pengurus
c) Badan Pemeriksa atau pengurus.

Modal Koperasi Sekolah

a) Simpanan anggota
b) Cadangan
c) Pinjaman
d) Bantuan dari pemerintah dan pihak lain
e) Sisa hasil usaha yang tidak di bagi

Cara Mendirikan Koperasi Sekolah

a) Tahap Persiapan
b) Rapat pembentukan
c) Tahap pengajuan pengakuan koperasi sekolah kepada kantor koperasi setempat
5. Keanggotaan Koperasi sekolah

Berikut syarat syarat untuk menjadi anggota koperasi

a) Tercatat sebagai siswa
b) sifat keanggotaan tidak dapat dipisahkan
c) setiap anggota memiliki hak yang sama
d) setiap anggota hanya memiliki satu suara
e) wajib mematuhi aturan yang berlaku
f) setiap anggota berhak memilih ataupun di pilih

Keanggotaan Dan Kepengurusan Koperasi Siswa

Yang dapat menjadi anggota kopsis suatu sekolah adalah siswa yang bersekolah di sekolah tersebut dimana setiap anggotanya memiliki hak yang sama untuk memilih dan dipilih sebagai pengurus koperasi. Setiap anggota kopsis wajib mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Pengurus kopsis bertanggung jawab dalam melaporkan laporan pertanggungjawaban kepada anggota kopsis melalui rapat anggota. Pengurus dipilih dan diangkat melalui rapat anggota kopsis. Bendahara dan pengawas dapat dipilih oleh kepala sekolah. Jika ada posisi yang belum dijabat oleh siswa, sementara dapat diisi oleh guru sekolah yang bersangkutan.

Baca Juga : KOPERASI SEKOLAH – PENGERTIAN, TUJUAN, FUNGSI DAN CIRI-CIRINYA

Jenis Usaha Dan Modal Koperasi Siswa

Bisnis usaha yang dapat dijalankan oleh kopsis yakni seperti kantin, toko koperasi, kredit / pinjaman kepada siswa yang membutuhkan, dan lain sebagainya. Kopsis dalam mendapatkan dana untuk modal kegiatan usaha bisa didapat dari :
1. Simpanan wajib anggota kopsis
2. Simpanan pokok anggota kopsis
3. Sisa hasil usaha yang disisihkan
4. Pinjaman ke sekolah atau pihak lain
5. Sumber dana lain yang layak dan tidak mengikat

10 Manfaat Koperasi Siswa di Sekolah Bagi Siswa

koperasi siswa

1. Menambah pengetahuan dunia bisnis

Manfaat koperasi sekolah dalam bidang ekonomi adalah langkah awal untuk anda memulai modal bisnis. Sebab di sana anda akan memerankan peranan penting, bagaimana mengelola barang yang masuk di dalam koperasi. Memainkan harga agar tetap murah tanpa membebani anggota koperasi lainnya.

Lalu di keuntungan yang ada di dalam koperasi tadi di gunakan untuk bersama. Dalam hal ini sudah banyak pengetahuan bisnis. Siswa jadi paham bagaimana mengendalikan neraca ular saham secara nyata dalam lingkup kecil.

2. Saling membantu memenuhi kebutuhan

Karena landasan dan fungsi utama koperasi adalah untuk saling membantu dan gotong royong. Untuk itu pembukaan koperasi di topang dengan penyediaan alat tulis dan segala macam kebutuhan sekolah. Contohnya dengan pembelian seragam dan makanan kecil. Dalam satu sisi, anggota terpenuhi kebutuhan keseharianya. Juga pihak koperasi mendapat laba dari hasil penjualanya.

3. Membantu mengelola pembayaran

Kebanyakan sekolah menyerahkan proses pembayaran seperti listrik, air, dan sebagainya pada pihak koperasi. Hal ini di maksudkan agar semuanya bisa di kelola dan di koordinir untuk menggunakan sarana prasarana dengan bijaksana.

4. Menumbuhkan pendidikan karakter disiplin

Dalam suatu keanggotaan koperasi di gunakan untuk membentuk karakter disiplin. Sebab dalam koperasi di didik untuk membayar iuran wajib demi kelancaran bersama. Maka dalam proses pembayaran tersebut di lakukan langsung untuk melatih kita disiplin. Selain itu, koperasi dilakukan sistem penjagaan tempat. Maka di buat jadwal untuk bergantian jaga. Hal ini juga melatih kita disiplin pada jadwal yang sudah di susun.

5. Melatih tanggung jawab

Sebagai anggota koperasi, tentu siswa di limpahkan tanggung jawab baru, misalnya jabatan dan posisi anda sebagai sekretaris. Maka hendaknya selalu mencatat hal yang masuk dan keluar sepanjang jalanya koperasi. Juga memimpin rapat koperasi. Jika anda adalah bendahara, maka sangat bertanggung jawab pada proses keluar masuknya uang.

6. Melatih sikap kerja sama

Manfaat koperasi sekolah bagi siswa, dapat menekan emosi dan egoism diri memang sangat sulit. Untuk itu jika anda harus bergabung dalam suatu perkumpulan atau kelompok, adanya kerja sama sangat di perlukan. Kerja sama baik antar anggota yang ada dalam satu kasubsi maupun anggota lainya. Hal ini sangat menentukan kehangatan suatu organisasi.

7. Belajar mengelola usaha

Mengelola koperasi bukan hal yang mudah bagi siswa. Sebab usaha di mulai pasti ada jatuh dan bangun. Ada kalanya koperasi anda berada di bawah roda, namun ada saat pula koperasi ada di atas dan makmur. Di situlah yang menjadi ringatngan baru untuk anda semua.

8. Membentuk kebiasaan gemar menabung

Salah satu wujud tabungan yang berbentuk investasi adalah dengan menabung di koperasi. Sebab menabung merupakan hal yang tidak di sukai bagi siswa sekolah. Mereka lebih menyukai jajan. Untuk itu pembiasaan menabung akan menumbuhkan sikap hemat.

9. Menjadi pribadi yang setia kawan

Pembentukan koperasi mampu menanamkan pribadi setia kawan. Sebab anda tidak akan lepas dari kehidupan bantu membantu dengan kawan lain. Untuk itu anda akan lebih mengenal pribadi kawan anda.

10. Melatih untuk keterampilan bekerja

Tidak dipungkiri bahwa ketrampilan bekerja saat ini lebih dicari dari pada hanya sekedar pintar saja. Untuk itu, manfaat koperasi sekolah bagi siswa salah satu ladang untuk melatih dan mengasah ketrampilan tersebut. Seperti pelayanan dan penghormatan pada pembeli, bagaimana cara melayani dan memuaskan pembeli.

Bagaimana cara mengatasi pemenuhan barang yang di inginkan pembeli namun ternyata habis, bagaimana mencatat barang yang masuk dan keluar. Semua hal yang berguna dan pembelajaran di sini sangat bisa di terapkan ketika keluar dan hidup bermasyarakat.

ADD YOUR COMMENT