Manfaat Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) – Sesungguhnya pada setiap lembaga pendidikan berupa sekolah akan mendapatkan bantuan berupa dana bantuan operasional sekolah atau sering disingkat dengan BOS. Pendanaan ini dimaksudkan untuk memberi kebebasan berupa pungutan dana operasional dari siswa SD dan SMP atau yang setingkat dengan lembaga pendidikan tersebut.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Selain itu BOS juga membebaskan biaya untuk siswa kurang mampu, baik di negeri maupun swasta. Disamping berfungsi juga sebagai keringanan beban biaya opersional bagi siswa yang bersekolah di sekolah swasta. 

Adapun menurut definisinya, dana BOS atau bantuan operasional sekolah merupakan program pemerintah yang isinya menyediakan pendanaan biaya nonpersonal untuk satuan pendidikan dasar yang berfungsi menjadi pelaksana program wajib belajar.

Dengan begitu, ringanlah beban masyarakat dalam pembiayaan pendidikan untuk menuju wajib belajar 9 tahun dengan hasil yang bermutu. 

Image result for anak sd sekoah

Rincian Sasaran Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS)

Adapun sasaran dari bantuan operasional sekolah, meliputi beberapa aspek yang diantaranya adalah: 

1. Pembelian atau penggandaan buku teks pelajaran

Dalam pembiayaannya, dana BOS mencakup pada pembelian buku untuk buku pendidikan membiayai pembelian jasmani, olahraga dan kesehatan saja untuk taraf SD. Untuk SMP, dana BOS digunakan untuk buku  untuk pendidikan jasmani dan kesenian. Jika kebutuhan masih belum mencukupi, maka pihak sekolah diperbolehkan menggandakan dengan menggunakan biaya BOS.  

2. Pembiayaan kegiatan dalam penerimaan siswa baru

Setiap tahun atau pertengahan tahun, sekolah akan melakukan penerimaan siswa baru. Tentunya hal terseut membutuhkan pembiayaan baik dari segi pendaftaran, formulir, administrasi dan berbagai kebutuhan lain yang menyangkut penerimaan siswa. Dana bantuan operasional sekolah menjadi penyedia akan kebutuhan tersebut. Selain itu biaya promosi berupa pembuatan spanduk dan uang lembur termasuk dalam pembiayaan dana BOS. 

3. Pembiayaan kegiatan luar jam sekolah

Banyak sekali kegiatan yang dilakukan di luar jam sekolah yang seharusnya. Hal tersebut meliputi kegiatan remedial, olahraga, kesenian, berbagai kegiatan ekstrakurikuler juga turut menjadi bagian dari pembiayaan BOS. Disamping itu honor jam mengajar & transportasi bisa menggunakan dana BOS. 

4. Pembiayaan ulangan harian

Yang namanya sekolah akan selalu ada ujian ataupun ulangan. Disinilah letak tugas dari bantuan operasional sekolah. Diantara hal itu terdapat pula honor bagi guru untuk mengoreksi ujian dan penyusunan rapor siswa. 

Baca juga : FUNGSI ADMINISTRASI PENDIDIKAN

5. Pembiayaan aspek pelengkap

Sebagai aspek pelengkap, sekolah membutuhkan beberapa alat dan perlengkapan seperti buku tulis, kapur, alat tulis dan berbagai buku yang dijadikan untuk administrasi sebuah sekolah. 

6. Pembiayaan perawatan sekolah

Perawatan sekolah meliputi pembiayaan seperti listrik, air, telepon dan jaringan berupa internet. Perawatan pun meliputi pengecatan, perbaikan meubeul dan fasilitas sekolah lainnya.

 7. Pembayaran untuk honoranium guru

Untuk honoranium, hanya sekolah dasar saja yang berhak untuk memberikan honor bagi mereka yang membantu administrasi BOS. Sedangkan bagi guru dan tenaga honorer, bantuan operasional sekolah diberikan setiap bulannya. 

Nah, itulah ulasan mengenai Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Semoga artikel diatas dapat membantu anda dalam menemukan informasi yang anda cari. Jangan lupa, gunakan software pendidikan kami untuk memudahkan kegiatan pengelolaan sekolah dengan mudah dan efisien.

>> Download Software Pendidikan Gratis, Klik Disini <<<