Pentingnya Bimbingan Konseling Dalam Dunia Pendidikan

Pentingnya bimbingan konseling dalam dunia pendidikan – Berbicara bimbingan dan konseling, tentu tidak asing dalam telinga kaum cendekia. Bimbingan dan konseling merupakan suatu tindakan yang tentunya sangat  memberikan pengaruh dalam dunia pendidikan.

Dunia pendidikan merupakan wadah bagi pemuda-pemuda bangsa untuk berproses menjadi penerus serta pejuang bangsa. Dunia pendidikan tidak harus berupa sekolah formal yang didalamnya mengajarkan mata pelajaran umum saja, namun ilmu ad-ddiin juga sangat penting untuk dipelajari dan diajarkan kepada pemuda-pemuda bangsa karena ilmu ad-ddiin merupakan pondasi atau pijakan dalam suatu kehidupan manusia.

Dan setiap lembaga yang mengajarkan suatu ilmu atau pun dalam bentuk pelatihan-pelatihan juga bisa disebut dunia pendidikan.

Pentingnya Bimbingan Konseling Dalam Dunia Pendidikan

Pentingnya Bimbingan Konseling Dalam Dunia Pendidikan

Membicarakan bimbingan dan konseling dalam dunia pendidikan adalah hal yang penting, karena bimbingan dan konseling berkaitan dengan masa depan generasi-generasi bangsa yang akan memimpin bangsa kedepan. Apalagi melihat problem dan juga perkembangan teknologi di era globalisasi yang berkembang pesat ini, serta kerasnya dampak globalisasi yang dirasakan manusia sekarang.

Dengan demikian, maka dunia pendidikan sangat perlu dalam meningkatkan kualitas peserta didik serta mendorong peserta didik dalam bersungguh untuk belajar, dan perlu diperhatikan juga oleh dunia pendidikan untuk meningkatkan profesionalitas guru pembimbing konseling di sekolah.

Melalui bimbingan dan konseling yang diberikan di sekolah, penyadaran akan besarnya potensi yang dimiliki peserta didik akan tumbuh dengan baik, disamping itu juga peserta didik terhindar dari pergaulan negatif yang berdampak pada masa depan peserta didik, dan juga dapat meminimalisir angka kenakalan pada peserta didik.

Baca Juga : PROGRAM DATABASE SISWA, MUDAHKAN KELOLA DATA SISWA DENGAN BAIK

Peran Seorang Konselor dan Bimbingan Konseling

Seorang konselor marupakan seorang yang pandai menyelami dunia anak secara mendalam, atau bisa disebut orang yang memberi konseling atau memberi bimbingan, sedangkan orang yang membutuhkan konselor atau bisa disebut orang yang mempunyai masalah disebut konseli atau klien.

Menjadi seorang konselor bimbingan konseling dalam dunia pendidikan tentu membutuhkan beberapa strategi, teknik dan juga tahapa-tahapan dalam menyampaikan bimbingan kepada konseli yang bertujuan untuk membantu, mengarahkan ataupun memadu seseorang atau sekelompok orang agar menyadari dan mengembangkan potensi dirinya serta mampu mengambil keputusan dan mampu menentukan tujuan hidupnya.

Strategi bimbingan dan konseling yaitu ada konseling individu, bimbingan kelompok, konseling kelompok, konsultasi. Merupakan hal yang terpenting adalah seorang konselor dapat membangun hubungan individual dengan seorang konseli/klien, dalam artian bagaimana seorang konselor mempengaruhi agar konseli/klien itu nyaman mengungkapkan seluruh emosinya kepada konselor.

Baca Juga : SOFTWARE PERPUSTAKAAN SEKOLAH

Penggunaan Software Aplikasi Bimbingan Konseling Untuk Mudahkan Proses Konseling

Pentingnya Bimbingan Konseling Dalam Dunia Pendidikan

Merupakan sebuah program yang dapat digunakan untuk membantu guru BK dalam mengindentifikasi permasalahan peserta didik, yaitu masalah yang erat kaitannya dengan perkembangan siswa. Sedangkan tujuan lainnya agar guru tersebut lebih mudah menyusun perangkat pembelajaran seperti program tahunan, bulanan, semester dan sebagainya.

Dari ulasan diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa Software Sosiometri Bimbingan Konseling akan sangat membantu anda, terutama dalam hal konselor dengan siswa di sekolah.

Kami, IT Brain Indonesia menyediakan Software Sosiometri Bimbingan Konseling yang dijamin memberikan data akurat, merupakan software dengan kualitas terbaik dan dengan harga yang terjangkau. Software buatan kami telah terjamin kualitasnya & sudah banyak pengguna yang menggunakan software kami.

Software Sosiometri Bimbingan Konseling kami cocok digunakan untuk merekapitulasi data konseling siswa disekolah sehingga menghasilkan laporan yang benar, tepat & akurat, juga meminimalisir terjadinya salah catat/ kehilangan dokumen.

Selain itu Software Sosiometri Bimbingan Konseling kami tergolong Software Sosiometri Bimbingan Konseling dengan harga yang sangat terjangkau. Tampilan yang user friendly, serta adanya hak akses sehingga keamanan data akan aman.

>>> Download Software Aplikasi Bimbingan Konseling Gratis, Klik Disini <<<

ADD YOUR COMMENT