Peran Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

Peran Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar – Bimbingan dan konseling merupakan proses bantuan pada anak didik yang dilakukan terus menerus supaya anak didik dapat memahami sendiri, sehingga sanggup mengarahkan dirinya sendiri dan bertingkahlaku yang wajar sesuai dengan tuntutan dan keadaan lingkungan di sekolah, keluarga dan masyarakat turut serta membantu siswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada dirinya secara optimal, sehingga prestasi belajarnya pun akan meningkat.

Peran Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

Peran Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

Berdasarkan uraian diatas, maka dapat ditemukan beberapa permasalahan yang timbul yaitu: 1) gambaran pelaksanaan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa, 2) faktor pendukung dan penghambat bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan bimbingan konseling sudah berjalan dengan baik sesuai dengan programnya, dan adapun program yang dilaksanakan meliputi: jenis program, menyusunan program, merencanakan kegiatan, melaksanakan kegiatan, mengawasi kegiatan, pelaksana kegiatan dan penilaian kegiatan keberadaan bimbingan konseling mempunyai peranan sebagai pengubah, disertai dengan memberi arahan, motivasi dan bantuan pemecahan masalah dalam pembelajaran siswa maka siswa dapat melaksanakan tugas belajarnya dengan baik dan optimal serta berprestasi lebih baik.

Baca Juga : PENTINGNYA BIMBINGAN KONSELING DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan bimbingan konseling dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa, terbukti dari prestasi siswa yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun yaitu dari nilai rata-rata 73,5 meningkat menjadi 81,33.

Adapun faktor pendukung dan penghambat bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa adalah sarana dan prasarana yang cukup lengkap, suasananya yang bagus, pemberian motivasi, mengikutsertakan wali murid, memberikan bimbingan belajar dan menghimpun data siswa secara menyeluruh. Sedangkan faktor penghambat adalah pergaulan yang negatif, lingkungan sekolah yang buruk, keluarga yang bermasalah, raa malas dan lelah.

Baca Juga : CARA INVENTARISASI DAN KLASIFIKASI BUKU PERPUSTAKAAN

Pentingnya Penggunaan Software Bimbingan Konseling

Software Bimbingan Konseling merupakan sebuah software yang akan mencatat semua data siswa mulai masuk sampai meninggalkan sekolah, baik data yang berkaitan dengan data diri siswa, data rekapitulasi absensi siswa, konsultasi siswa, pelanggaran siswa sampai data hasil diskusi guru BK dengan orang tua siswa.

Semua proses pendataan akan dicatat sesuai dengan tahun ajaran dimana siswa di terima sampai meninggalkan sekolah. Fungsi utama dari Software Bimbingan Konseling yaitu Pembuatan arsip prilaku dan perkembangan jiwa siswa.

Dengan menggunakan software bimbingan konseling, maka proses bimbingan konseling di sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar. Selain beberapa hal diatas, masih banyak lagi kelebihan dari Software Bimbingan Konseling kami. Dengan menggunakan Software Bimbingan Konseling, pekerjaan anda dalam mengelola informasi mengenai guru & siswa akan lebih mudah, cepat & efektif.

>>> Download Software Bimbingan Konseling Gratis, Klik Disini <<<

ADD YOUR COMMENT