Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar

Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar – Keberadaan perpustakaan sekolah telah menjadi sangat penting dengan diberlakukannya Kurikulum 2013. Ibarat tubuh manusia, perpustakaan adalah organ jantung yang bertugas memompa darah ke seluruh tubuh.

Bahkan karena pentingnya perpustakaan, pemerintah bahkan telah mencanangkan literasi sekolah dan bulan September sebagai bulan gemar membaca dan hari kunjung perpustakaan.

Diharapkan perpustakaan sekolah dapat menunjang proses pembelajaran di sekolah. Untuk itu peran perpustakaan sekolah perlu dioptimalkan sehingga bisa berfungsi sebagai sumber belajar bagi warga sekolah.

Pada artikel kali ini kami akan mencoba mengulas & mengemukakan konsep perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dengan pusat pembahasan pada kelembagaan perpustakaan sekolah, strategi dan peluang pengembangan pepustakaan sekolah, pengembangan paramater sekolah yang ideal, dan pembinaan minat dan kebiasaan membaca di lingkungan sekolah untuk mendukung keberadaan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar.

Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar

Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar

Keberadaan perpustakaan sekolah di lingkungan sekolah masih kurang mendapat perhatian. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya peminat dan pengunjung  perpustakaan  sekolah pada lembaga pendidikan sekolah yang ada bahkan perpustakaan hanya berfungsi baru sebatas gudang buku, khususnya pada tingkat Pendidikan Menengah dan Pendidikan Dasar.

Dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa dari 50 sekolah yang diteliti, ternyata 8 sekolah diantaranya tidak mempunyai perpustakaan. Lali bagaimana siswa dapat menghasilkan karya dan mengukir prestasi jika di sekolahnya tidak tersedia perpustakaan?

Baca Juga : SOFTWARE APLIKASI BEL SEKOLAH, BEL MODERN TERBAIK

Kondisi ini menyiratkan bahwa perhatian penentu kebijakan di lingkungan sekolah belum memprioritaskan perpustakaan sekolah sebagai program sekolah yang perlu diperhatikan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.

Sementara itu dalam kurikulum tahun 2013 adanya kegiatan literasi  yang mengharuskan semua siswa sebelum proses belajar mengajar dimulai diharuskan untuk membaca buku & bahan bacaan, dan sekolah menyiratkan perlunya peningkatan peran perpustakaan sekolah sebagai penunjang kegiatan belajar siswa dan guru.

Cara Meningkatkan Peran Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar

Kurikulum tahun 2013 menuntut siswa untuk lebih  banyak membaca dan aktif dalam mengembangkan pembelajaran khususnya dalam mengembangkan indikator pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

Untuk itu pada setiap satuan unit sekolah perlu didukung adanya perpustakaan yang mampu berfungsi dengan baik serta didukung oleh pengadaan buku dan bahan bacaan secara kontinyu dan merata.

Artikel  ini ditulis dengan tujuan untuk memberi sumbangan pemikiran/wacana yang aplikatif tentang perpustakaan agar perpustakaan yang telah dimiliki sekolah dapat dikembangkan secara optimal sebagai pusat sumber belajar. Karena perpustakaan merupakan salah satu di antara sarana dan sumber belajar yang efektif untuk menambah pengetahuan melalui beraneka bacaan yang disediakan.

Baca Juga : PENTINGNYA BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH

Untuk mengatasi masalah tersebut perpustakaan memang perlu mendapat perhatian dari bebagai pihak terkait yang berkompeten. Sekolah perlu melakukan berbagai upaya agar perpustakaan dapat berjalan paling tidak sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah.

Dengan Standar yang telah ditentukan dan dapat menunjang dan meningkatkan gemar membaca melalui kegiatan literasi sekolah dengan memamfaatkan perpustakaan sebagai sarana prasarana yang penting yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak, agar terwujudnya generasi yang berahklak dan berkompetensi dibidangnya untuk dimasa yang akan datang.

>>> Download Program Perpustakaan Sekolah Gratis, Klik Disini <<<

ADD YOUR COMMENT