Software Koperasi Sekolah

Software Koperasi Sekolah – Koperasi Sekolah adalah bentuk usaha yang ada disekolah yang mempunyai tujuan utama mensejahterakan semua anggota yaitu; staft, guru dan peserta didik. Dengan adanya Koperasi sekolah mereka akan mudah membeli perlengkapan seperti alat tulis, dan hasil keuntungannya bisa menjadi tunjangan khusus bagi mereka atau pengurus koperasi.

Salah satu hal yang harus diperhatikan dalam mengelolah usaha toko koperasi sekolah adalah pengelolaan keuangan. Untuk memantau kondisi usaha koperasi, kita membutuhkan software yang bisa mencatat pembelian, mengelola stok barang, penjualan dan mengetahui pendapatan per hari, hingga mengetahui kerugian penjualan.

>>> DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI <<<

Pengelolaan Keuangan Koperasi Sekolah

 Sumber Permodalan Koperasi

Sumber modal Koperasi berdasarkan UU  No.25 tahun 1992 pasal 41 tentang perkoperasian, memberikan penjelasan tentang sumber permodalan koperasi.

  1. Sumber Modal Sendiri
  2. Sumber Modal Pinjaman

Laporan Keuangan Koperasi

Laporan Keuangan Koperasi terdiri dari Laporan Perubahan Modal, Laporan Laba/Rugi, Neraca.

Software Koperasi Sekolah

Unsur-Unsur yang membutuhkan Laporan Keuangan Koperasi

Orang – orang yang harus mengetahui laporan keuangan koperasi adalah :

  • Pengurus koperasi

Pengurus koperasi ini terdiri dari ketua, sekretaris & bendahara. Mereka harus mengetahui laporan keuangan untuk mengetahui  informasi yang terpercaya tentang sumber-sumber ekonomi dan kewajiban serta modal koperasi, mengetahui perubahan tentang sumber-sumber ekonomi yang menghasilkan laba, dapat menentukan SHU yang akan didapat dimasa mendatang, & laporan keuangan dapat menjadi patokan dalam megambil kebijakan yang akan diterapkan untuk koperasi kedepanya. Apabila laporan keuangan defisit & surplus kebijakan yang akan diterapkan selanjutnya akan ditentukan dalam Rapat Anggota Tahunan.

  • Pengawas koperasi

Pengawas koperasi harus mengetahui laporan keuangan agar pengawas mengetahui tentang pengelolaan dana & alokasi dana, memeriksa apakah terjadi kejanggalan dalam laporan keuangan koperasi serta mempertaggung jawabkan hasil pemeriksaanya pada saat rapat anggota koperasi tahunan.

  • Anggota koperasi

Anggota koperasi mengetahui laporan keuangan koperasi untuk mendapatkan informasi tentang SHU yang akan didapatkan, anggota juga dapat memberikan pendapatnya tentang sumber-sumber ekonomi yang menjanjikan untuk kedepanya. Anggota dapat mengetahui keadaan koperasi baik atau kurang baik dalam kinerja ekonomi yang  dilakukan koperasi.

  • Kreditur

Kreditur harus mengetahui laporan keuangan koperasi untuk menjamin dana yang ditanamkan masih memberikan keuntungan atau tidak memberikan keuntungan, kreditur dapat mengetahui koperasi itu masih sehat atau tidak. Apabila laporan keuangan koperasi tidak meyakinkan dalam arti tidak menjanjikan bagi kreditur dalam mempertimbangkan untuk memberikan pinjaman dana.

Software Koperasi Sekolah

Tujuan dan Manfaat Laporan Keuangan Koperasi

Tujuan laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang berguna bagi orang-orang yang berkepentingan. Adapun tujuan atau kepentingan pemakai terhadap laporan keuangan koperasi adalah :

Karakteristik Laporan Keuangan Koperasi

Karakteristik laporan keuangan koperasi sangat dipengaruhi oleh struktur organisasi, pengelolaan usaha serta prinsip-prinsip perkoperasian yang diatur dalam undang-undang perkoperasian No. 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian. Karakteristik laporan keuangan koperasi adalah:

  1. Pengurus bertanggungjawab & wajib melaporkan kepada rapat anggota segala sesuatu yang menyangkut tata kehidupan koperasi secara periodik, aspek keuangan merupakan salah satu dari aspek-aspek yang tercakup dalam tata kehidupan koperasi. Selanjutnya laporan keuangan koperasi merupakan bagian dari laporan pertanggungjawaban pengurus tentang tata kehidupan koperasi di dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT).
  1. Laporan keuangan koperasi merupakan bagian dari system operasi pelaporan keuangan koperasi pada hakekatnya laporan keuangan koperasi lebih utama ditunjukkan kepada pihak-pihak diluar pengurus koperasi (anggota dan pemerintah) serta tidak semata-mata untuk pengendalian usaha.
  1. Pemakai utama dari laporan keuangan koperasi adalah para anggota koperasi itu sendiri & pejabat pemerintah di bidang perkoperasian, pemakai lainnya yang mempunyai kepentingan terhadap koperasi diantaranya adalah calon anggota, bank, kreditur dan kantor pajak.
  2. Kepentingan pemakai utama laporan keuangan koperasi pada prinsipnya adalah melalui laporan keuangan tersebut pemakai utama dapat melakukan kegiatan penilaian atau evaluasi seperti :
  • Menilai pertanggungjawaban pengurus
  • Menilai prestasi kerja pengurus
  • Menilai manfaat yang diberikan koperasi kepada anggotanya.
  • Sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan jumlah sumber daya, karya dan jasa yang akan diberikan kepada koperasi.
  1. Laporan keuangan koperasi bukan merupakan laporan konsolidasi koperasi koperasi.
  2. Posisi keuangan koperasi tercermin pada neraca, sedangkan Sisa Hasil Usaha tercermin pada perhitungan hasil usaha.
  3. Pendapatan koperasi yang diperoleh dalam satu periode dikurangi dengan penyusutan-penyusutan dan beban-beban dalam periode yang bersangkutan disebut Sisa Hasil Usaha.
  4. Keanggotaan dan kepemilikan koperasi tidak dapat dipindah tangankan dengan alasan apapun.

Software Koperasi Sekolah

Software Koperasi Sekolah

Kami menyiapkan software koperasi sekolah yang didesain khusus untuk membantu jalannya aplikasi toko koperasi sekolah yang berjalan sesuai prosedur sistematis usaha koperasi sekolah dalam hal mengelola keuangan, pemantauan stok dan aktifitas transaksi kasir. Software koperasi sekolah ini didesain simple dan mudah dipahami.

Fitur Unggulan yang kami sediakan pada aplikasi software koperasi sekolah adalah:

  • Mendukung online dan offline.
  • Database mysql.
  • Mendukung BarCode Reader.
  • Mendukung jaringan user/client server.
  • Manajemen supplier.
  • Manajemen pelanggan.
  • Manajemen stok

Baca Juga : KOPERASI SEKOLAH – PENGERTIAN, TUJUAN, FUNGSI DAN CIRI-CIRINYA

Fitur Menu yang kami sediakan pada aplikasi aplikasi software aplikasi toko koperasi sekolah adalah:

  • Administrasi, yaitu; admin dan kasir. Orang yang berhubungan langsung terhadap sistem aplikasi administrasi dan pembayaran.
  • Data Master. Data ini terdiri dari data utama aplikasi penjualan, yaitu; Kasa, pengguna,barang, customer, produsen,supplier, dan umum(kategori,satuan beli,satuan jual dan pembayaran).
  • Data Transaksi. Transaksi pembelian, penjualan dan manajemen stok. Untuk transaksi pembelian dan stok ditangani oleh admin, sedangkan transaksi penjualan ditanggani oleh kasir.
  • Back OfficeSaldo awal(saldo pertama akan melakukan transaksi, sehingga bisa dihitung dari saldo awal hingga akir hasil penjualan), Stock Opname (Menu ini digunakan untuk menyesuaian stok jumlah barang nyata di toko atau persediaan anda dengan stok jumlah barang di dalam software. hal itu bisa terjadi karena adanya barang rusak, hilang, kadaluarsa, berjamur dan dll. Sehingga ada selesih jumlah stok), Back Up database,( Back up ini akan diperlukan untuk menyimpan file cadangan database jika terjadi error software dikemudian hari), Restor database (pengembalian file cadangan didatabase).
  • Laporan. Terdapat laporan yang dihasilkan dari aplikasi penjualan ini, diantaranya adalah penjualan (berdasarkan User Client(pembeli) dan kasir pada periode tanggal tertentu), pembelian (berdasarkan periode tanggal dan supplier), stock opname (terdapat laporan kerugian), dan laba penjualan berdasarkan periode tanggal tertentu.

Baca Juga : APLIKASI TABUNGAN SISWA SEKOLAH TERBAIK MODERN

Apa yang anda Dapatkan jika membeli Software aplikaisi toko koperasi sekolah ini ?

  • Manual Ebook yang berisi tentang tata Cara Penggunaan Aplikasi toko koperasi sekolah yang berbentuk file PDF
  • Aplikasi yang mendukung online (sehingga bisa mengakses/mengontrol dmana-mana) dan offline bisa membuka tanpa jaringan wifi.
  • Dapat Database MySQL yang mampu menangani data dalam skala besar, Mudah digunakan dan cepat.
  • Security MySQL memiliki beberapa susunan keamanan seperti level hostingnya, subnetmask,dan izin akses dengan sistem perizinan yang mendetail.
  • Nama Software aplikasi adalah nama usaha toko koperasi anda sendiri.
Point Tambahan dari aplikasi toko koperasi sekolah
  • Aplikasi ini bisa di instal dilebih dari satu komputer, bisa dijalankankan secara ofline maupun Online dan bisa digunakan sebagai aplikasi client server (Network Supported).
  • Aplikasi ini hanya untuk sekali beli dan untuk selamanya tidak ada batasan waktu.
  • Free Konsultasi untuk selamanya.

ADD YOUR COMMENT