Kesulitan Mencari Sumber Penelitian Skripsi? 5 Situs Ini Dapat Membantu Kamu

Sumber Penelitian Skripsi – Pengumpulan data, landasan teori, dan referensi merupakan hal yang penting dalam penyusunan skripsi. Terkadang hal itu dapat menjadi kendala yang membuat penyusunan skripsi menjadi lama. Apalagi bagi kamu yang baru mulai membuat skripsi, kamu pasti membutuhkan referensi terkait penelitian yang ingin kamu ambil.

Kamu akan menghabiskan waktu di perpustakaan kampusmu. Tentu hal itu sangat merepotkan. Belum lagi jika harus ke perpustakaan lain karena referensi untuk penelitian yang kamu ambil belum ada atau masih sedikit.

Jika kamu mencoba mencari dengan mesin pencari Google, mungkin sedikit mengesalkan, karena hasilnya akan tercampur-campur dengan beberapa blog yang tidak jelas sumbernya. Untuk mengatasi itu, beberapa situs di bawah ini bisa kamu kunjungi untuk membantumu mencari referensi dalam penyusunan skripsi.

5 Situs Yang Dapat Membantu Kamu Dalam Mencari Sumber Penelitian Skripsi

1. Goggle Scholar

Sumber Penelitian Skripsi

Salah satu situs yang dapat dijadikan referensi untuk Sumber Penelitian Skripsi ialah Google Scholar. Google Scholar adalah salah satu layanan milik Google yang memungkinkan kamu untuk mencari referensi penelitian dalam format publikasi. Beberapa fiturnya memudahkan kamu dalam melakukan pencarian. Kamu juga bisa membuat bookmark pada publikasi yang kamu temui. Selain itu kamu dapat dengan mudah mengutip sebuah publikasi yang sudah disediakan ke dalam pilihan beberapa gaya sitasi.

Jika kata kunci yang kamu tuliskan masih terlalu umum, hasil pencarian akan terlalu beragam. Kamu bisa mencari publikasi terkait agar hasilnya lebih spesifik dengan topik yang kamu butuhkan.

2. Microsoft Academic

Sumber Penelitian Skripsi

Situs yang dapat dijadikan referensi untuk Sumber Penelitian Skripsi kedua ialah Microsoft Academic. Microsoft Academic merupakan mesin pencari referensi penelitian dalam format publikasi. Terdapat beberapa fitur filter yang dapat membantumu dalam pencarian, seperti mencari jurnal berdasarkan penulis atau afiliasi tempat bernaungnya penelitian yang kamu cari.

Menurut saya, Microsoft Academic memberikan fitur-fitur pencarian yang sangat membantu. Karena filter yang disediakan membuat pencarian semakin spesifik. Jika kamu sulit menemukannya pada Google Scholar, mungkin pilihan yang satu ini dapat membantu kamu.

Baca Juga : APLIKASI BUAT JADWAL PELAJARAN

3. Academia

Sumber Penelitian Skripsi

Beberapa di antara kamu pasti sudah ada yang familier dengan situs yang satu ini. Academia adalah jejaring sosial untuk para akademisi yang digunakan sebagai media sharing makalah penelitian danjuga merupakan situs yang dapat dijadikan referensi untuk Sumber Penelitian Skripsi. Berbeda dengan mesin pencari sebelumnya, di sini kamu hanya bisa mencari jurnal yang memang diunggah oleh pengguna Academia.

Academia memang bisa dibilang tidak selengkap mesin pencari, namun kamu bisa berkomunikasi langsung dengan pemilik jurnal. Seperti memberikan pesan, pertanyaan, dan meminta penulis untuk mengunggah jurnal yang ia publikasikan.

4. ResearchGate

Sumber Penelitian Skripsi

ResearchGate merupakan platform media sosial untuk para peneliti. Situs ini tidak hanya digunakan saat kamu mengerjakan skripsi. Setelah skripsi pun situs ini sangat berguna untuk kamu yang berniat melanjutkan kuliah dari S1 ke S2.

Di dalamnya terdapat forum diskusi yang melibatkan banyak peneliti dari seluruh dunia. Kamu bisa melontarkan pertanyaan dalam forum atau pertanyaan publik untuk mendapatkan jawaban dari pengguna lainnya.

Beberapa publikasi memang tidak dibuka secara publik, kamu perlu meminta izin dari pemiliknya untuk mendapatkan akses. Dari keseluruhan informasi yang disajikan, menurut saya ResearchGate merupakan platform yang lebih baik ketimbang Academia. Dengan tampilan yang lebih ringan, ResearchGate mampu memberikan lingkungan yang benar-benar dikhususkan untuk para peneliti.

Baca Juga : SOFTWARE PERPUSTAKAAN SEKOLAH

5. Indonesian Publication Index

Sumber Penelitian Skripsi

IPI, atau yang dikenal dengan Portal Garuda, merupakan mesin pencari jurnal seperti Google Scholar atau Microsoft Academic. Namun situs ini hanya memberikan hasil pencarian jurnal berbahasa Indonesia. Jika kamu membutuhkan jurnal berbahasa Indonesia untuk memudahkan kamu dalam penyusunan skripsi, situs ini lah solusinya.

Menurut saya, situs ini hanya bisa menjadi alternatif ketika kamu pusing dengan banyaknya jurnal berbahasa Inggris. Karena, lebih baik kita mengutamakan jurnal internasional agar kita terlatih memahami bahasa Inggris.

Situs-situs di atas sangat membantu, karena kita bisa mendapatkan jurnal-jurnal terbaru dengan mudah. Sehingga skripsi yang dihasilkan berkualitas dan tidak ketinggalan zaman karena terpaku pada referensi-referensi yang usang.

ADD YOUR COMMENT