TIPS MUDAH LOLOS BEASISWA LPDP

Beasiswa LPDP – LPDP ialah Beasiswa Magister & Doktor dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Sasaran bantuan program beasiswa ini adalah Warga Negara Indonesia yang berkemampuan akademik dan kepemimpinan yang tinggi dan lolos proses seleksi untuk melaksanakan studi pada program Magister dan Doktor.

DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI GRATIS

Program beasiswa LPDP bertujuan untuk mencetak pemimpin dan professional untuk menjadi laju kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Terdapat beberapa jenis beasiswa pendidikan LPDP, antara lain; Beasiswa Magister Doktor, Beasiswa Tesis Disertasi, Beasiswa Spesialis Kedokteran, Beasiswa Afirmasi, dan Presidential Scholarship. Prioritas bidang keilmuan LPDP mencakup Teknik, Sains, Pertanian, Kedokteran/Kesehatan, Akuntansi/Keuangan, Hukum, Pendidikan, Agama, Ekonomi, Pendidikan, Sosial, dan Budaya/Bahasa. Adapun tema prioritas meliputi Kemaritiman, Perikanan, Ketahanan Energi, Ketahanan Pangan, Teknologi Transportasi, Teknologi Pertahanan dan Keamanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Teknologi Kedokteran dan Kesehatan, Hukum Bisnis Internasional, Keperawatan, Industri Kreatif, Manajemen Pendidikan, Lingkungan Hidup, dan Ekonomi/Keuangan Syariah.

Baca Juga : Informasi Umum Seputar LPDP yang Belum Kamu Ketahui

Beasiswa LPDP dibuka sepanjang tahun dengan 4 kali seleksi yaitu pada bulan Februari, Mei, Agustus, dan November. Pendaftaran harus dilakukan minimal 6 bulan sebelum rencana perkuliahan. Adapun pendaftaran dilakukan secara online melalui website di http://www.lpdp.kemenkeu.go.id.

beasiswa LPDP

Benefit Alumni Peneriman Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP sangat direkomendasikan, karena benefitnya tidak hanya dirasakan selama menjadi awardee (istilah untuk para penerima beasiswa LPDP) namun alumni (penerima beasiswa LPDP yang sudah selesai kuliah) tetap mendapatkan benefitnya. Diantaranya adalah

  • beasiswa lanjutan, bagi program magister bisa langsung lanjut S3 dengan beasiswa dari LPDP tanpa perlu mengikuti seleksi lagi,
  • memiliki hak sebagai prioritas penerima program hibah penulisan buku,
  • memiliki hak sebagai prioritas penerima program hibah penelitian dari LPDP,
  • memiliki hak sebagai prioritas penerima program pendanaan seminar/training nasional ataupun internasional,
  • jaringan alumni, jaringan ini dikelola oleh Mata Garuda yang merupakan organisasi ikatan alumni awardee LPDP (www.matagaruda.co.id).

Persyaratan Pendaftaran LPDP (berlaku mulai April 2015)

1) Merupakan Warga Negara Indonesia

2) Batas usia adalah < 35 tahun (S2) dan < 40 tahun (S3).

3) Sudah memiliki unconditional LoA ATAU IPK terakhir untuk > 3,0 (S2) dan > 3,25 (S3); punya skor TOEFL ITP 500, IELTS 6.0, atau iBT 65 untuk Dalam Negeri dan TOEFL ITP 550, IELTS 6.5, atau iBT 79 untuk Luar Negeri. Jadi bagi yang memiliki IPK & skor TOEFL dibawah standar tidak perlu khawatir asalkan sudah memiliki unconditional LoA.

4) Menulis essay (500-700 kata) dengan tema “Kontribusiku bagi Indonesia (yang telah, sedang, dan akan dilakukan untuk maysrakat/lembaga/instansi/profesi komunitas saya)” dan “Sukes Terbesar dalam Hidupku”

5) surat keterangan sehat dari RS Pemerintah dan SKCK dari kepolisian,

6) rencana studi untuk S2 dan ringkasan proposal penelitian untuk S3,

7) dan Universitas yang dituju harus masuk dalam daftar LPDP.

Baca Juga : Jasa Membuat Website Sekolah Berkualitas & Harga Terjangkau

Proses Seleksi

Ada dua tahapan proses seleksi, yaitu tahap I seleksi administrasi dan tahap II on the spot essay writing, seleksi wawancara, dan LGD (Leaderless Grup Discussion). Selanjutnya, ada pre departure atau sering disebut Program Kepemimpinan (PK) yang wajib diikuti setelah dinyatakan lolos seleksi tahap I dan II.

Seleksi Tahap I 

Administrasi yang harus dipenuhi adalah yang telah disebutkan pada  requirements di atas.

  • Mengisi Form

CV, diisi online melalui website LPDP. Yang harus diperhatikan adalah dokumen-dokumen pendukung untuk pengisian CV karena diminta untuk melampirkan scan ijazah, study plan, essay, LoA, transkrip nilai, sertifikat TOEFL, dan surat rekomendasi. Semua dokumen di lampirkan dalam bentuk pdf file. Kemudian dalam pengisian CV, kita diminta menyebutkan pengalaman training, seminar, dll. Dan kolom yang harus diisi salah satunya menyebutkan tanggal pelaksanaan. Jadi, jika ada sertifikat akan lebih mudah melihat tanggal pelaksaannya. *Format CV sewaktu-waktu bisa berubah.

  • LoA (Letter Of Acceptance)

Bagaimana cara mendapatkan LoA (Letter of Acceptance)? Caranya, apply ke Universitas, penuhi requirementsnya atau ikuti ujiannya. Apabila lulus akan mendapatkan LoA.  Ada 2 jenis LoA; conditional LoA & unconditional LoA. Conditional LoA diperoleh jika diterima di Univ tapi lulus bersyarat, misalnya karena skor TEOFL kurang. Sedangkan Unconditional LoA diperoleh jika diterima di Univ tanpa syarat. Jadi, dipastikan saat apply ke Universitas bisa dapat unconditional LoA.

  • TOEFL/IELTS

TOEFL/IELTS, jika belum punya unconditional LoA maka skor TOEFL/IELTS harus memenuhi syarat LPDP. Apabila belum memenuhi syarat, lebih baik tidak perlu apply dulu, karena kalaupun lolos seleksi dokumen belum tentu lolos ditahap berikutnya. Anda dapat mencari cara paling efektif untuk meningkatkan skor TOEFL/IELTS, misalnya belajar memperdalam TOEFL secara otodidak, beli buku-buku TOEFL, hunting soft file nya dari teman-teman, dipelajari & berlatih sendiri. Tantangannya butuh tekad yang kuat kalau mau belajar sendiri. Jika punya uang lebih bisa ambil kursus.

  • Studi Plan

Studi plan yang dibuat memaparkan alasan lanjut studi, alasan pemilihan universitas & program studi, rencana tema penelitian, & rencana setelah studi S2 selesai. Tips dalam pembuatan studi plan,

1) dibuat seefektif dan seefisien mungkin (maksimal 2 halaman)

2) tonjolkan kontribusinya, baik dalam perencanaan tema penelitian ataupun rencana setelah studi. Pemilihan jurusan tidak harus linier, namun harus dipaparkan dengan jelas alasan pemilihan jurusan tersebut sehingga dapat meyakinkan reviewer bahwa pilihan tersebut memang layak.

  • Essay

Essay yang dibuat dikembangkan dari rencana penelitian. Fokuskan pada inti permasalahan & berikan solusinya, pastikan kita dapat berperan dalam solusi tersebut. Ini akan menjadi point plus dari essai dan studi plan yang dibuat. Kedua, tema essay yang disyaratkan LPDP menurut bukan tema yang sulit. Kita bisa cerita case atau pengalaman kontribusi kita di masyarakat/organisasi/tempat kerja yang ternyata punya significant effect untuk community tersebut. Intinya kita diminta bercerita “udah ngapain aja sih selama ini?” “apa sih yang sudah kita raih?”

Surat rekomendasi dibuat oleh satu orang, diutamakan atasan atau dosen atau tokoh masyarakat yang dekat dan tahu potensi kita. Ikuti saja permintaan dari pemberi rekomendasi. Mintalah surat rekomendasi ke orang yang dekat/mengenal baik kita agar dipermudah. Format surat rekomendasi bisa didownload di website LPDP.

  • After Submit

Untuk yang lolos seleksi administrasi akan ada pemberitahuan resmi lewat email dari LPDP. Begitupun untuk informasi tahap selanjutnya pemberitahuan resmi akan dilakukan lewat email. Jadi, setelah submit dokumen, harus lebih intens buka email. Jika aktivitas emailmu padat, saran saya buatlah email baru khusus untuk LPDP karena jika lolos seleksi, email tersebut akan terus digunakan sebagai sarana komunikasi dengan LPDP & seluruh awardee. Sebaiknya gunakan account gmail, karena fitur individual email & grupnya lebih nyaman. Gmail juga dapat memfilter secara otomatis antara individual email, miling list, social network, ataupun promo. Jadi email-email yang tidak penting akan terpilah otomatis.

beasiswa LPDP

Seleksi Tahap II

Saat tes masing-masing peserta diberikan 2 artikel mengenai issue-issue terkini di Indonesia, kemudian diminta menjawab pertanyaan yang ada di  bagian bawah artikel tersebut dalam bentuk essay. Yang membuat test essay ini istimewa adalah waktu yang diberikan untuk mengerjakan essay tersebut. Hanya 15 menit untuk membaca 1 artikel sekaligus membuat essay-nya. Padahal artikelnya panjang sekali. Selesai dengan essay untuk artikel pertama, peserta diberikan artikel kedua dan harus menyelesaikannya juga hanya dalam waktu 15 menit.

  • Test Wawancara

Pastikan jadwal wawancara kita dengan baik & benar. Meskipun dapat jadwal siang / sore sebaiknya mempersiapkan diri sejak pagi karena biasanya jadwal selalu maju & pemberitahuan panitia selalu mendadak. Jika kita belum siap akan membuat panik & nervous. Saat hari H pastikan tampil PD dengan aksesoris ataupun pakaian yang kita pakai, ini membantu kita lebih nyaman.

Saat masuk ruangan, jabat tangan para interviewer satu per satu secara urut. Baisanya interviewernya terdiri dari 3 orang, 2 dosen ahli & 1 psikolog. Masing-masing interviewer memiliki pertanyaan khusus. Ada yang fokus bertanya tentang kehidupan pribadi, study, & pertanyaan umum. Pertanyaan pribadi ini diajukan oleh psikolog, mereka bertugas untuk menggali potensi-potensi kepemimpinan calon penerima beasiswa.

1) Psikolog bertanya seputar keluarga, aktivitas organisasi, motivasi study, dll. 2) Penguji kedua fokus menanyakan tentang studi plan, terutama alasan pemilihan jurusan saya yang tidak linier, hubungan dengan prodi sebelumnya? Alasan lanjut study dan rencana setelah study? Saya juga diberikan sebuah studi kasus & diminta pendapat juga solusinya.

  • LGD (Leaderless Grup Discussion)

Dalam LGD (Leaderless Grup Discussion), peserta dibagi dalam kelompok kecil 8-9 orang dengan 2 orang penilai (psikolog). Peserta diberikan sebuah tema untuk didiskusikan selama 45 menit, 5 menit untuk membaca artikel dan 40 menit untuk berdiskusi. Peserta berdiskusi bebas tanpa intervensi dari tim penilai. Tips dalam LGD adalah jangan terlalu pasif, jangan terlalu mendominasi, jangan menyela pembicaraan orang lain atau dengan kata lain hormati orang yang sedang berbicara. Hal penting untuk persiapan LGD adalah menguasai materinya. Dengan menguasai materi tentu kita akan lebih PD berdiskusi. Masalahnya adalah tema materi diberikan tepat saat LGD. Jadi, sebelum tes ini harus banyak membaca berita atau isu-isu aktual.

Nah, itulah tips lolos beasiswa LPDP. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menemukan informasi yang anda cari. Terus semangat berjuang!

ADD YOUR COMMENT