Pengertian Koperasi Siswa (Kopsis) Tujuan, Modal, Keanggotaan, Kepengurusan, dll.

Koperasi siswa adalah koperasi yang berada dalam lingkungan sekolah yang anggotanya merupkaan siswa dari sekolah tersebut yang dapat melakukan kegiatan ekonomi tanpa badan hukum. Struktur organisasi kopsis yaitu tersusun atas dewan penasihat dan alat perlengkapan organisasi. Dewan penasihat terdiri atas kepala sekolah, guru & perwakilan orang tua siswa. Sedangkan alat perlengkapan organisasi terdiri dari rapat anggota, pengurus koperasi & badan pemeriksa / pengawas.

Tujuan Koperasi Siswa / Kopsis

koperasi siswa

Koprasi siswa didirikan di sekolah untuk beberapa alasan :

1. Memberi bekal kepada siswa sekolah secara langsung dengan praktek berkoperasi dalam rangka pemenuhan berbagai barang kebutuhan sekolah.
2. Supaya para siswa tumbuh jiwa setia kawan, saling menghargai, kesamaan derajat serta gotong royong antar sesamanya, di samping menumbuhkan rasa cinta sekolah.
3. Menumbuhkan serta mengasah demokrasi, kreatifitas, kemampuan, pengetahuan dsb.

Baca Juga : SOFTWARE KOPERASI SEKOLAH

Keanggotaan Dan Kepengurusan Koperasi Siswa

Yang dapat menjadi anggota kopsis suatu sekolah adalah siswa yang bersekolah di sekolah tersebut dimana setiap anggotanya memiliki hak yang sama untuk memilih dan dipilih sebagai pengurus koperasi. Setiap anggota kopsis wajib mengikuti peraturan dan ketentuan yang berlaku.

Pengurus kopsis bertanggung jawab dalam melaporkan laporan pertanggungjawaban kepada anggota kopsis melalui rapat anggota. Pengurus dipilih dan diangkat melalui rapat anggota kopsis. Bendahara dan pengawas dapat dipilih oleh kepala sekolah. Jika ada posisi yang belum dijabat oleh siswa, sementara dapat diisi oleh guru sekolah yang bersangkutan.

Baca Juga : KOPERASI SEKOLAH – PENGERTIAN, TUJUAN, FUNGSI DAN CIRI-CIRINYA

Jenis Usaha Dan Modal Koperasi Siswa

Bisnis usaha yang dapat dijalankan oleh kopsis yakni seperti kantin, toko koperasi, kredit / pinjaman kepada siswa yang membutuhkan, dan lain sebagainya. Kopsis dalam mendapatkan dana untuk modal kegiatan usaha bisa didapat dari :
1. Simpanan wajib anggota kopsis
2. Simpanan pokok anggota kopsis
3. Sisa hasil usaha yang disisihkan
4. Pinjaman ke sekolah atau pihak lain
5. Sumber dana lain yang layak dan tidak mengikat

>>> DOWNLOAD SOFTWARE APLIKASI KOPERASI <<<

ADD YOUR COMMENT