Layanan Bimbingan Konseling Sekolah

1 min read

Layanan Bimbingan Konseling Sekolah – Sekolah memiliki suatu lembaga yang peduli terhadap kondisi psikis/psikologi siswa di sekolah yang biasa dikenal dengan sebutan Bimbingan Konseling (BK). Di sana, siswa dapat memanfaatkan untuk bimbingan konseling sesuai dengan kebutuhan mereka. Layanan konseling sekolah dibutuhkan siswa tidak hanya untuk bimbingan pelajatan saja. Layanan konseling di sekolah dimaksudkan untuk membimbing anak ke arah yang lebih optimal dan lebih berkembang.

Layanan Bimbingan Konseling Sekolah

Layanan Bimbingan Konseling Sekolah

Kebutuhan layanan bimbingan konseling untuk siswa di sekolah – Perkembangan psikologis dan fisik seseorang menentukan kebutuhan seorang individual secara alami yang dikarenakan oleh  proses belajar yang akan mendorong seorang individu untuk bertingkah laku dalam memenuhi kebutuhannya. Salah satunya, kebutuhan siswa yang dihadapkan oleh kondisi yang amat berbeda antara masa anak-anak remaja. Maka, kebutuhan layanan bimbingan konseling untuk siswa berguna sebagai berikut:

  1. untuk mengenal dan memahami potensi, kekuatan , dan tugas-tuga perkembangan.
  2. Untuk mengenal dan memahami potensi dari siswa dalam lingkungan sekitarnya,
  3. Untuk mengenal dan menentukan tujuan dan rencana hidupnya serta pencapaian tujuan tersebut.
  4. Memahami dan mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa.
  5. Mengembangkan  kemampuan siswa ntuk kepentingan dirinya, kepentingan lembaga tempat bekerja dan masyarakat.
  6. Untuk membantu menyesuaikan  diri dengan keadaan dan tuntutan dari lingkungannya.
  7. Untuk mengembangkan segala potensi dan kekuatan yang dimilikinya secara optimal.

Baca juga : PROGRAM PEMBAYARAN SPP SEKOLAH – TERBAIK & TERAKURAT

Software Bimbingan Konseling

Dijaman yang serba modern ini, sudah saatnya pengelolaan bimbingan konseling sekolah menggunakan Software Bimbingan Konseling. Software Bimbingan Konseling membuat pengelolaan data menjadi lebih cepat dan aman, sehingga proses konseling dapat dilakukan dengan lancar. Umumnya Software Bimbingan Konseling sudah mencakup ; data pribadi siswa, masalah siswa, kunjungan rumah, intelegensi, ketidakhadiran, undangan, konsultasi, dll.  Data bimbingan dan konseling siswa – data ini memuat hal yang berkaitan dengan proses konseling siswa, data bimbingan & konseling siswa, rekapitulasi pelanggaran siswa, dan hasil diskusi masalah siswa dengan orang tua. Guna memiliki manajemen bimbingan sekolah yang baik dan terarah, kami sangat merekomendasikan Aplikasi Bimbingan Konseling untuk membantu pekerjaan anda.

>>> Download Software Bimbingan Konseling Gratis, Klik Disini <<<