Wajib Baca, Inilah Cara Membuat Resensi Buku Yang Baik dan Benar

Cara Membuat Resensi Buku Yang Baik dan Benar – Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara meresensi buku. Apasih resensi buku itu? Resensi bermula dari bahasa latin, “revidere” atau “recensere” yang artinya melihat kembali, menimbang atau menilai.

Baca Juga : PERAN MEDIA PEMBELAJARAN

Dalam bahasa Belanda resensi dikenal dengan “recensie” sedangkan dalam bahasa Inggris resensi dikenal dengan istilah “review” mengulang. Resensi adalah suatu tulisan yang bertujuan untuk memeriksa kembali memberikan pertimbangan atau penilaian tentang buku yang baru diterbitkan penulis kepada pembaca. Melalui meresensi buku tersebut para pembaca bisa mendapatkan informasi yang penting atau tidaknya buku tersebut,dan buku layak atau tidaknya untuk dibaca.

Unsur – Unsur Dalam Resensi Buku

Setiap orang bisa membuat resensi dari suatu buku. Namun tetap dibutuhkan poin poin tertentu agar resensi yang kita buat bisa diterima orang lain. Berikut hal-hal yang harus ada dalam sebuah resensi buku :

resensi buku

Identitas buku
Jika buku yang akan diresensi adalah buku terjemahan maka lebih baik jika kamu menuliskan judul asli buku dan juga dengan pengarang buku tersebut. Jika buku yang akan diresensi adalah buku terjemahan maka kamu harus menyebutkan penulis buku asli dan penerjemahnya.

Judul resensi
Judul resensi harus memiliki keselarasan dengan isi resensi yang dibuat. Pembuatan judul yang menarik juga akan memberi nilai yang lebih pada sebuah resensi buku.

Data buku
Data buku berisi :
a. Judul buku
b. Pengarang
c. Penerbit
d. Tahun terbit beserta cetakannya
e. Dimensi buku
f. Harga buku

Baca Juga : INILAH CARA BELAJAR EFEKTIF DAN MUDAH DISERAP OTAK

Ikhtisar Isi resensi buku
Ikhtisar artinya bentuk singkat dari suatu karangan atau rangkuman buku(resensi buku). Ikhtisar merupakan bentuk singkat dari karangan yang tidak mempertahankan urutan karangan buku aslinya, sedangkan ringkasan harus sesuai dengan urutan karangan atau buku aslinya.

Kelebihan dan kekurangan buku
Penulis resensi harus memberikan penilaian mengenai kelebihan dan kekurangan buku yang akan dibaca atau diresensi lagi yang disertai dengan ulasan secara objektif(runtut).

Penutup resensi buku
Pada bagian penutup biasanya berisi alasan kenapa buku tersebut ditulis dan kepada siapa buku tersebut ditujukan, serta kritik dan saran kepada penulis.

Tujuan Resensi Buku

resensi buku

Seorang penulis resensi atau biasa juga disebut dengan resentator akan memberikan petunjuk kepada resentor atau penulis secara seimbang dan runtut, baik kelebihannya maupun kekurangannya buku yang akan diresensinya oelh resentor. Selain itu penulisan resensi buku juga bertujuan untuk :

  1. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan penilaian umum dari sebuah buku atau hasil karya lainnya secara ringkas.
  2. Mengetahui latar belakang buku tersebut mengapa buku itu diterbitkan ditoko.
  3. Menguji kualitas buku dengan membandingkan buku karya seni dari penulis yang sama atau dari penulis yang lainnya.
  4. Memberi masukan kepada penulis buku berupa kritik dan saran terhadap cara penulisan, isi, dan substansi buku

Incoming search terms :

  • cara meresensi buku
  • contoh resensi buku
  • meresensi buku
  • contoh meresensi buku

>>> Download Software Aplikasi <<<

ADD YOUR COMMENT